Bicara Siklus 4 Langkah
Masa-masa
kini sangat intens dibicarakan mengenai teknologi otomotif terutama roda 2,
baik 2 tak atau 4 tak bahkan 6 tak ataupun mesin wangkel. Nah menunjang posting
saya dibawah, lagi pula tenology 4 tak ini lg booming beberapa tahun belakang.
maka saya bantu untuk menjelaskan teori dasar mesin bersiklus 4 langkah.
Siklus 4
langkah terdiri dari:
1. Langkah
hisap
2. Langkah
kompresi
3. Langkah
usaha
4. Langkah
buang
Kita bahas
satu-satu.
1. Langkah
hisap atau suction stroke adalah langkah memasukkan bbm-udara ke dalam silinder
melalui katub masuk, langkah ini di mulai saat piston berada di TMA (titik mati
atas) hingga menuju TMB (titik mati bawah) dengan posisi katub masuk terbuka..
Pergerakan piston dari atas ke bawah dengan kecepatan yang cepat ini (hingga
20m/s) menyebabkan kevacuman yang sangat tinggi. Sehingga mampu menyedot
bbm-udara masuk ke dalam silinder. Proses ini membuat tekanan di dalam ruang
bakar menjadi dibawah tekanan atmosfer.
2. Langkah
kompresi atau compression stroke adalah langkah pemampatan bbm-udara yang telah
dimasukkan ke dalam silinder. Langkah ini memaksa bbm dan udara untuk di
padatkan dan dicampur sampai homogen sehingga mudah dibakar oleh busi. Pada
langkah ini piston bergerak dari TMB menuju ke TMA (katub masuk dan buang
sama-sama menutup) menyebabkan volume silinder mengecil dan tekanan ruang bakar
meningkat. Sesaat mencapai TMA, busi memercikkan bunga api untuk membakar
campuran bbm-udara yang telah dimampatkan tadi. Akibatnya tekanan ruang bakar
naik drastis.
3. Langkah
usaha atau power stroke adalah langkah yang paling efektif karena satu-satunya
langkah yang menghasilkan tenaga untuk menggerakkan mesin. Langkah ini dimulai
saat piston bergerak dari TMA menuju ke TMB (kedua katub masih menutup). Pada
awal langkah ini tekanan ruang bakar tinggi sekali namun seiring dengan
pergerakkan piston yang mundur ke bawah menyebabkan volume silinder membesar
sehingga tekanan ruang bakar menurun.
4. Langkah
buang atau exhaust stroke adalah proses pengeluaran sisa gas hasil pembakaran
untuk di keluarkan melalui lubang knalpot atau muffler. Proses ini berjalan
saat piston dari TMB menuju ke TMA dan katub buang dalam kondisi membuka.
Proses ini menyebabkan tekanan ruang bakar menjadi bocor hingga mendekati
tekanan admosfer di luar atau lingkungan sekitar.
Jadi siklus
4 langkah memerlukan 4 x langkah yang bergerak dari atas ke bawah lalu ke atas
lalu ke bawah lagi dan di akhiri menuju ke atas, atau dengan kata lain terjadi
2x naik dan 2x turun. Atau pula terjadi 2x putaran poros engkol.
Inilah
akhirnya timbul istilah siklus 4 langkah adalah 2x putaran poros engkol
menghasilkan 1 x tenaga.
Semoga
membantu, salam
Masa-masa
kini sangat intens dibicarakan mengenai teknologi otomotif terutama roda 2,
baik 2 tak atau 4 tak bahkan 6 tak ataupun mesin wangkel. Nah menunjang posting
saya dibawah, lagi pula tenology 4 tak ini lg booming beberapa tahun belakang.
maka saya akan coba jelaskan teori dasar mesin bersiklus 4 langkah.
Siklus 4
langkah terdiri dari:
1. Langkah
hisap
2. Langkah
kompresi
3. Langkah
usaha
4. Langkah
buang
Kita bahas
satu-satu…
1. Langkah
hisap atau suction stroke adalah langkah memasukkan bbm-udara ke dalam silinder
melalui katub masuk, langkah ini di mulai saat piston berada di TMA (titik mati
atas) hingga menuju TMB (titik mati bawah) dengan posisi katub masuk terbuka..
Pergerakan piston dari atas ke bawah dengan kecepatan yang cepat ini (hingga
20m/s) menyebabkan kevacuman yang sangat tinggi. Sehingga mampu menyedot
bbm-udara masuk ke dalam silinder. Proses ini membuat tekanan di dalam ruang
bakar menjadi dibawah tekanan atmosfer.
2. Langkah
kompresi atau compression stroke adalah langkah pemampatan bbm-udara yang telah
dimasukkan ke dalam silinder. Langkah ini memaksa bbm dan udara untuk di
padatkan dan dicampur sampai homogen sehingga mudah dibakar oleh busi. Pada
langkah ini piston bergerak dari TMB menuju ke TMA (katub masuk dan buang
sama-sama menutup) menyebabkan volume silinder mengecil dan tekanan ruang bakar
meningkat. Sesaat mencapai TMA, busi memercikkan bunga api untuk membakar
campuran bbm-udara yang telah dimampatkan tadi. Akibatnya tekanan ruang bakar
naik drastis.
3. Langkah
usaha atau power stroke adalah langkah yang paling efektif karena satu-satunya
langkah yang menghasilkan tenaga untuk menggerakkan mesin. Langkah ini dimulai
saat piston bergerak dari TMA menuju ke TMB (kedua katub masih menutup). Pada
awal langkah ini tekanan ruang bakar tinggi sekali namun seiring dengan
pergerakkan piston yang mundur ke bawah menyebabkan volume silinder membesar
sehingga tekanan ruang bakar menurun.
4. Langkah
buang atau exhaust stroke adalah proses pengeluaran sisa gas hasil pembakaran
untuk di keluarkan melalui lubang knalpot atau muffler. Proses ini berjalan
saat piston dari TMB menuju ke TMA dan katub buang dalam kondisi membuka.
Proses ini menyebabkan tekanan ruang bakar menjadi bocor hingga mendekati
tekanan admosfer di luar atau lingkungan sekitar.
Jadi siklus
4 langkah memerlukan 4 x langkah yang bergerak dari atas ke bawah lalu ke atas
lalu ke bawah lagi dan di akhiri menuju ke atas, atau dengan kata lain terjadi
2x naik dan 2x turun. Atau pula terjadi 2x putaran poros engkol.
Inilah
akhirnya timbul istilah siklus 4 langkah adalah 2x putaran poros engkol
menghasilkan 1 x tenaga.
Semoga
membantu, salam